Saturday 2 March 2013

Contoh Tugas Bahasa Indonesia Meresensi Buku kelas 9





1)    Identitas Buku 

a)    Judul buku                    : Kompetensi Berbahasa Indonesia
b)    Penulis buku                 : Nia Kurniawati Sapari
c)     Pengantar isi buku      : Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia-Nya, Pemerintah, dalam hal ini, Departemen Pendidikan Nasional, pada tahun 2008, telah membeli hak cipta buku teks pelajaran ini dari penulis untuk disebarluaskan kepada masyarakat melalui website Jaringan Pendidikan Nasional. Buku teks pelajaran ini telah dinilai oleh Badan Standar Nasional Pendidikan dan telah ditetapkan sebagai buku teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12 tahun 2008.
d)    Penerbit buku              : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
e)    Tahun buku terbit       :  Juni 2008
f)        Tebal halaman            : 215 halaman


2)    Tujuan penulisan resensi

Tujuanya adalah agar sang pembaca lebih mudah mengetahui isi dari buku tersebut. Dan juga memudahkan sang pembaca untuk lebih memahami definisi –definisi atau konsep apa saja  yang sudah tertera di dalam buku tersebut.

3)    Keunggulan dan Kekurangan

a)     Keunggulan : 
·        Mudah di pahami oleh sang pembaca
·        Isi buku lengkap sesuai kurikulum yang sudah diterapkan
·        Dilengkapi dengan gambar –gambar
·        Gambar-gambarnya bewarna tidak hitam putih
 
b)    Kelemahan :
·        Tidak ada glosarium untuk membantu kata-kata sulit
·        Tidak ada indeks nya
·        Kualitas kertasnya sedikit jelek / kurang baik
·        Sampulnya/covernya kurang menarik

4)    Ikhtisar isi buku

Buku ini menjelaskan kompetensi-kompetensi yang harus dipelajari oleh siswa yaitu diantaranya mendengar,membaca berbicara dan menulis. Buku ini juga di bagi beberapa kompetensi yaitu 1-14 sesuai tingkatan kemampuan siswa. Buku ini mencangkup berbagai materi-materi sesuai standart kompetensi dasar yang sudah diberikan yaitu mendengarkan berita,membaca cepat , dongeng, pengumuman, surat pribadi, pantun , wawancara, puisi,cerpen, dan puisi. Buku ini juga disertai dengan latihan soal soal untuk sebagai latihan pembelajaran setelah materi sudah diberikan oleh sang guru.

5)    Nilai buku

Buku ini sangat bernilai dan bermanfaat untuk siswa atau pembaca. Buku ini menjelaskan dengan kalimat yang tidak rumit sehingga mudah dibaca dan dimengerti oleh pembaca.  Buku ini juga menyajikan gambar-gambar yang baus dan bewarna sehingga pembaca tertarik untuk membaca buku ini. Uku ini sudah mencangkup materi yang sesuai dengan kompetensi dasar(KTSP) yang sangat bermanfaat untuk kita sebagai bahan pembelajaran dan berguna juga untuk kegiatan sehari-hari

Baca juga artikel :

No comments:

Post a Comment